14 Peluang Bisnis Online di Tahun 2012

Posting lagi, sekedar sharing sedikit mungkin berguna bagi para browser. Tanks to internet, kesempatan untuk menjadi seorang entrepreneur online terbuka lebar. Banyak yang gagal memang, namun tidak sedikit pula yang berhasil. Pilihannya ada pada anda. Nah, jika anda berminat, berikut 14 peluang bisnis online yang akan booming di tahun 2012.





1. Online Seller
Karena semua media online (webiste, marketplace, jejaring sosial, hingga forum) bisa dijadikan tempat jualan, maka "jualan online" merupakan bisnis yang tidak akan ada matinya. Ditambah dengan luasnya dengan jangkauan internet, "jualan onlin" menjadi pilihan yang pas buat anda yang ingin melakukan ekspansi pasar dari produk offline anda.

2. Teknisi Website
Teknisi website adalah desainer dan developer dari sebuah website. Website yang menarik dan interaktif kini bisa dianggap sebagai kebutuhan utama sebuah perusahaan/brand yang ingin go online. Maka skill seorang teknisi website akan semakin banyak dibutuhkan di tahun 2012.

3. Web Hosting
Website tentunya tidak bisa go online tanpa server. Maka seiring dengan banyaknya website, web hosting jadi lahan bisnis yang menjanjikan. Melakukan setup server sendiri hingga jadi sebuah web hosting mungkin membutuhkan modal yang cukup besar. Misalnya untuk kebutuhan server, software sehingga SDM. Namun bagi anda yang ingin mulai menjajaki, anda bisa mempertimbangkan paket reseller yang disediakan oleh seluruh web indonesia.

4. Registran Domain
Anda bisa menjalin kerja sama dengan ICANN (registrar domain internasional) untuk menjadi penjual domain. Atau menjadi reseller domain dari provider domain di indonesia, untuk mendapat harga beli yang lebih murah, dan menetapkan harga jual anda sendiri. Jika berbisnis web hosting, maka jadi registran domain merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi.

5. Blogger
Blogger bisa saja digolongkan sebagai enterpreneur. Terutama jika blogger tersebut menarget untuk mendapat income dari blognya. Jangan salah, blog yang populer bisa menjadi sumber pendapatan yang potensial. Misalnya dengan mengikuti program afiliasi, Google Adsense, membuka kolom ads, atau memasarkan produk anda sendiri.

6. Affiliate Marketing
Affiliate Marketing artinya kegiatan mempromosikan produk orang lain via website, email, forum, atau sosial media untuk mendapat komisi yang telah disepakati sebelumnya. Beberapa perusahaan internasional yang menyediakan program afiliasi contohnya Clickbank.com, amazon.com dan Commision Junction. Di indonesia juga sudah melalui banyak bisnis yang tergerak untuk menyediakan afiliasi. Salah satunya icare.jagoanhosting.com dari Jagoan Hosting.com.

7. PPC Advertising
Pay-per-click (PPC) advertising, contohnya Google Adsense dan infolinks, adalah satu modal bisnis online yang paling gampang menghasilkan. Terutama jika anda punya website dengan trafik kunjungan yang padat. Anda akan mendapat komisi setiap kali pengunjung anda klick iklan baris yang dipasang di website anda.

8. Social Media Strategist
2011 adalah eranya sosial media. Begitu pula dengan 2012. semakin banyak perusahaan / brand yang berusaha meraih simpati pubik baik melalui Fans Page Facebook, Twitter, Google Plus maupun youtube. Jika anda seorang influencer social media, dengan follower Twitter lebih dari 10 ribu, maka anda bisa menyewakan jasa untuk memberi arahan, hingga mengurus akun social media klien anda.

9. Layanan SEO
Disamping meroketnya popularitas social media, mesin pencari masih menempati tempat teratas yang harus dikunjungi ketika orang mencari informasi di internet. Maka, Search Engine Optimization (SEO) masih menjadi salah satu layanan yang paling dicari perusahaan/brand yang ingin meningkatkan rangking halamannya.

10.  Developer Apps
Anda mungkin sudah mendengar dari berbagai sumber yang menyatakan bagaimana pesatnya pertumbuhan pengguna smartphone pada 2011. maka, mengembangkan aplikasi untuk smartphone (apps) merupakan salah satu kesempatan yang tidak boleh dilewatkan di tahun 2012. terutama jika anda seorang programmer aplikasi.

11.  Ebook Writing
Akibat pertumbuhan pengguna pad, tablet, dan smartphone, maka e-book (electronic book) akan semakin banyak bersirkulasi pada 2012. artinya, kesempatan besar bagi anda yang gemar menulis anda bisa mengunggah hasil kerja anda untuk dijual di amazon.com atau melalui smash-words.com, sebuah platform yang memungkinkan anda untuk mendistribusikan e-book anda ke iBookstore Apple, Barnes & Noble, Sony Reader Store dan Diesel eBook Store.

12.  Proofreader
Anda punya kepekaan dalam hal mengoreksi ejaan? Maka anda bisa membatu para blogger menghasilkan artikel, berita, kalimat, marketing, press release, hingga buku dengan menyediakan jasa proofreading dan editing. 

13.  Video Editor
Video adalah media marketing yang memiliki kekuatan besar untuk go viral. Itulah sebabnya video merupakan salah satu media favorit dari para netmarketer untuk meyakinkan costomer dan mempromosikan brand mereka. Apalagi kini konsep ‚video internet‚ sudah mulai diterima di masyarakat. Dan seiring dengan semakin diterimanya media editorial bergerak ini. Maka layanan video editing akan menjadi salah satu layanan yang paling dicari.

14.  Freelancer
Jika anda mempunyai kemampuan dalam virtual assistance, administrasi, desain grafis, pemograman, content writing, maka pertimbangkan untuk go freelance. Keuntungannya, anda bisa bebas menentukan load kerja dan jadwal anda. Sukses jadi freelancer kuncinya adalah menjaga reputasi online anda tetap positif dengan memberi layanan berkualitas yang bisa memuaskan klien anda.

Cukup sudah peluang bisnis online di tahun 2012. namun faktanya internet masih menawarkan banyak sekali peluang yang bisa anda ambil. Pilihannya kami kembalikan pada anda. Go Onlinepreneur.

2 comments

January 31, 2012 at 10:25 PM

Aku kurang paham sob kalau masalah bisnis oNline ..

February 1, 2012 at 5:08 AM

@D'aDmiRer masak sich????

Post a Comment