Pengertian Komputer, Sistem Komputer dan Komponen Komputer

Pada posting yang pertama ini dengan judul pengertian sistem komputer, mengapa demikian soalnya pada waktu saya sekolah SMK dulu pernah diajari tentang sistem komputer, maka dari itu pada posting kali ini saya akan sharing pengetahuan saya tentang pengertian sistem komputer yang di peroleh pada waktu sekolah dulu, tapi di tambahkan dari browsing di google. Ok langsung saja.

Pengertian Sistem
Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.

Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Pengertian Sistem Komputer

Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat unak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras hardware). 

Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah  apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus".

Komponen-komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :

1.    Hardware ( Perangkat Keras )
       a.    Processing Device
       b.    Input Device
       c.    Output Device
       d.    Storage Device
2.    Software ( Perangkat Lunak )
       a.    Operating System
       b.    Application Program
       c.    Language Program
3.    Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )


1.    Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.

Processing Device (CPU)
CPU ( Central Processing Unit ) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasidengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.

Input Device
Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
1.    Keyboard
2.    Pointing Device 
3.    Mouse 
4.    Touch screen
5.    Digitizer Grapich Tablet
6.    Scanner
7.    Microphone

Output Device
Output Device adalah perangkat keras komputer yang erfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke ertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. latnya antara lain adalah :
1.    Monitor
2.    Printer 
3.    Speaker

Storage Device
Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat enyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. Terbagi menjadi dua yaitu :

1.    Internal Storage
Adalah media penyimpanan yang terdapat didalam komputer yaitu :

RAM ( Random Access Memory ) Untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ). Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:

Input Storage Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.

Program Storage Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.

Working Storage Digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.

Output Storge Digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

ROM ( Read Only Memori )
Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa  cold booting atau  warm booting. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali, yaitu :

PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali.

EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.

EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory),  dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.

2.    External Storage
Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama, yaitu :
a.    Floppy Disk
b.    Hard Disk
c.    CD Room
d.    DVD

2.    Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

Operating System
Sistem operasi atau  operating system ialah Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware  komputerPerangkat lunak yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem komputer. Ada beberapa macam system operasi diantaranya adalah :

1.    Linux
2.    Windows
3.    Mac OS

Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta  penginstalan dan
pembuangan software. Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.

Application Program
Yaitu program komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang
industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi atau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.Contoh :
1.    Microsoft Word
2.    Microsoft Excel
3.    CorelDraw X4
4.    Dll

Language Program

Language Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan
bahasa Pemrograman, seperti :Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer, seperti :
1.    Visual basic
2.    Turbo pascal
3.    Delphi

3.    Brainware

Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.

51 comments

December 7, 2014 at 8:37 AM

thnks post.y, buat referensi UAS

December 12, 2014 at 9:41 AM

good post

February 20, 2015 at 4:40 PM

thanks ya

sangat membantu

February 27, 2015 at 11:08 AM

wah sangat lengkap sekali artikel ini terimakasih yah


http://www.kaffah.biz/

March 19, 2015 at 4:51 AM

Sungguh artikel yang bagus, terima kasih atas artikelnya. Membuat tugas saya selesai.

http://rikky08.blogspot.com/

April 15, 2015 at 3:00 PM

Artikelnya keren gan.. Jangan lupa kunungi juga ya
https://mirandarosadi85.wordpress.com/2015/04/14/macam-macam-rak-buku-unik-pelengkap-arsitektur-rumah/

Anonymous
August 5, 2015 at 6:19 PM

Dasar tukang copas blog sebelah

September 29, 2015 at 4:45 PM

BAGUS BRO INFONYA

KUNJUNGAN BALIK DONG http://www.aslamination.pe.hu

October 9, 2015 at 7:42 AM

bagus brow terima kasih udah berbagi ilmu

October 26, 2015 at 8:42 AM

kunjungi balik bang ,,http://lalsablog.blogspot.com

Anonymous
January 30, 2016 at 8:46 AM

banyak orang alay

February 10, 2016 at 9:34 PM

terimakasih telah membantu :)

March 2, 2016 at 8:19 AM

nice info gan...

May 5, 2016 at 10:46 AM

THANKS GAN INFONYA ...

July 26, 2016 at 10:18 AM

bagus sangat mendidik

Anonymous
July 30, 2016 at 8:25 AM

siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiipppppppppppppppppppppp

Anonymous
September 15, 2016 at 7:38 AM

Bagus Postnya, Kunjung Balik ya www.rplstudents.blogspot.com

October 15, 2016 at 2:10 PM

terima kasih banyak ataas pengetahuan & penjelasan yang telah berikan kpada kamiiiiii

December 6, 2016 at 5:27 AM

thanks gan sangat membantu

December 30, 2016 at 7:04 PM

mampir gan ke blog ane :D
sistemmiekuahenak.blogspot.com

December 31, 2016 at 12:17 PM

thank you...
My blog

February 16, 2017 at 1:45 PM

terima kasih min.....tolong dikasih gambar langkah kerjanya

February 25, 2017 at 3:10 PM

thanks y gan artikel nya
mampir gan
http://www.tek-noko.blogspot.co.id

Anonymous
March 22, 2017 at 1:48 AM

@Aniezh Kurniatie Baca juga ini Udah tahu 10 Tombol Shortcut Keyboard ini??

May 10, 2017 at 4:05 PM

thankz buanget bro

June 15, 2017 at 2:22 PM

makasih infonya berguna banget nih buat tugas kuliah gw!

Super Ramadan Sale s/d 95% dari shopee

https://shopee.co.id/pc_event/?smtt=1.2894&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2Fweb%2Fevents3%2Fcode%2F1915425739%2F%3Fsmtt%3D1.2894

June 17, 2017 at 8:47 PM

Penjelasannya lengkap.
Jika butuh referensi lain tentang pengertian komputer, silahkan mampir ke https://www.jejakwaktu.com/pengertian-komputer/

July 2, 2017 at 7:49 PM

makasih banyak informainya
http://idblackwalet.com/

August 30, 2017 at 1:42 PM

Izin Copas min 😀

September 7, 2017 at 2:33 AM

Info yang sangat kumplit dan menarik untuk dibaca
Artikelnya sangat membantu dan memberikan materi terhadap para pembaca
http://www.gerbangpengetahuan.com/2017/09/pengertian-komputer-jenis-dan-fungsinya.html

December 10, 2017 at 12:13 PM

thnks untuk articel nya
My blog

December 10, 2017 at 7:10 PM

terima kasih atas tulisannya

My blog

December 20, 2017 at 2:10 AM

saya suka baca, Terima kasih untuk information

July 4, 2018 at 5:40 PM

Sayaa suka membaca informasi nya website kami Http:// www.stmikatmaluhur.ac.id
Kunjungi blog saya https://1722300004.blogspot.com/?m=1

July 4, 2018 at 5:41 PM

Sayaa suka membaca informasi nya website kami Http:// www.stmikatmaluhur.ac.id
Kunjungi blog saya https://1722300004.blogspot.com/?m=1

September 25, 2018 at 8:30 AM

mantab infonya sangat bermanfaat terimakasih sukses slalu
Aplikasi Toko Mudah dan Lengkap

May 12, 2019 at 12:59 PM

Untuk Brainware mungkin bisa ditambahkan yg terdiri dari 3 Kategori Yaitu :
BRAINWARE
Perangkat Akal yaitu para pengguna/pemakai komputer yang dibagi menjadi 3 katagori :
A. Operator = Pemakai komputer yang hanya menjalankan program-program aplikasi yang sudah jadi.
B. Programmer = Membuat program-program aplikasi komputer dengan bahasa pemrograman yang populer seperti VB, Delphi, Java, Foxpro, dll. (VIRUS adalah contoh program kecil yang dibuat oleh Programmer).
C. System Analyst = Perancang desain-desain program yang nantinya akan di kerjakan oleh para programmer.
Contoh Aplikasi GOJEK :
A. Kita yg memesan Gojek adalah Operator
B. Yg membuat Menu2 yg ada di Aplikasi Gojek seperti Go-Send, Go-Ride, dll. adalah Programmer.
C. Yg merancang Tata-Letak menu2 di awal Layar HP adalah System Analyst dari tiap2 bagian menu yg dibuat para Programmer.

July 26, 2019 at 12:02 PM

Makasih banyakkami membuka berbagai jenis pelatihan kursus komputer dan menerima jasa pembuatan website, aplikasi desktop maupun aplikasi android/IOS, mari kunjungi website kami di http://asianbrilliant.com.
Kursus Komputer | Jasa Pembuatan Website, Aplikasi Desktop maupun Android/IOS

Anonymous
July 26, 2019 at 1:39 PM

Keren banget artikelnya,kunjungi juga website kami

Anonymous
January 5, 2020 at 2:23 PM

Intinya kan USER TAEK

March 18, 2020 at 3:42 AM

Terima kasih informasinya bermanfaat

October 2, 2020 at 9:30 AM

Terimakasih min, artikelnya sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah saya min. dan saya minta izin untuk menaruh website kampus saya min, demi tugas kuliah ya ISB Atmaluhur

October 2, 2020 at 1:35 PM

Terimakasih atas informasinya
salam kenal saya CILLIA mahasiswa dari ISB Atmaluhur

October 3, 2020 at 1:20 PM

Hai kak,artikelnya sangat bagus dan menarik sekali untuk menambah informasi,dan informasinya sangat bermanfaat. sukses terus ya kakak
Perkenalkan saya Andini Indria Vinasty dari ISB Atma Luhur

Anonymous
October 3, 2020 at 7:40 PM

Keren kk trimakash artikelnya bagus dannmenarik , oh iya kenalkan saya
Dari https://www.atmaluhur.ac.id maaf izin naro link karna ad tugas Kuliah Dari kampus

October 5, 2020 at 1:43 PM

Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat. Perkenalkan nama saya Ronal Leonardo dari ISB Atma Luhur

December 8, 2020 at 3:23 PM

Terimakasih ya min, artikelnya sangat membantu
Perkenalkan Saya Shafira Nurullita dari ISB Atmaluhur

February 21, 2022 at 1:36 PM

Ini di macam-macam komponen sistem komputer
https://bangamingadget.com/komponen-sistem-komputer/

Post a Comment