Cara menghemat Bandwidth paket internet berkuota

Akhir-akhir ini Internet sudah menjadi salah satu “kebutuhan” kita sehari-hari. Mobilitas Internet pun menjadi tuntutan bagi orang-orang yang pekerjaannya tidak terlepas dari Internet. Belakangan ini sudah kita ketahui lumayan banyak produk modem eksternal serta berbagai jenis paket data yang ditawarkan provider-provider yang ada. Namun, beberapa provider menawarkan speed Internet wireless yang cukup tinggi tetapi terdapat quota yang membatasi pemakaian Internet tersebut. Bagaimana agar kita mengirit quota kita dalam penggunaan Internet berbasis volume tersebut? kali ini saya akan memberikan cara untuk menghemat quota bandwith paket Internet/data Anda.


1.    Men-nonaktifkan Fitur Load Image/Sound
Jika kita browsing di suatu situs dan hanya membutuhkan informasi berupa teks, kita dapat mematikan fitur ini agar proses loading lebih cepat dan menghemat bandwith; terutama paket data yang Anda gunakan di ponsel Anda. Mematikan fitur ini akan jauh lebih menghemat quota paket data Anda.
 
2. Mematikan Setting Auto Update

Mematikan setting auto update atau mengubahnya ke manual update berlaku untuk windows, antivirus, maupun software/aplikasi. Sering kali kita tidak memerhatikan bahwa setting auto update kita dalam keadaan ON dan beberapa software/aplikasi mengunduh update secara otomatis sehingga bandwith kita tersedot tanpa kita sadari.  Dengan mematikannya atau menggantinya ke manual update, kita dapat mengontrol  software mana sajayang perlu di-update. Tidak perlu seluruh software yang kita install di-update karena akan membuang bandwith, terutama di saat-saat quota tersisa sangat sedikit.
 
3. Memaksimalkan Penggunaan Internet
Ingat, paket yang kita gunakan adalah volume based dan alasan utama kita menggunakannya adalah agar kita lebih mudah mengakses Internet saat beraktivitas secara mobile. Jadi, lebih baik gunakan untuk keperluan yang penting saja. Untuk keperluan di luar itu, lebih baik gunakan Internet kabel saja (di rumah/kost) yang tidak ada batasan quota bandwith (unlimited).
 
4. Gunakan Satu Browser Saja

Gunakan salah satu browser saja. Misalnya, jika Anda biasa menggunakan Firefox, gunakanlah browser itu seterusnya,  jangan berpindah-pindah. Setiap browser memiliki cache sendiri sehingga jika Anda membuka situs yang sudah pernah dikunjungi, browser tersebut tidak akan mengunduh seluruh data lagi karena beberapa sudah tersimpan di browser komputer/handphone Anda dalam bentuk cache.
 

3 comments

November 5, 2012 at 7:24 AM

Alhamdulillah saya juga menggunakan satu browser yaitu mozilla dan sepertinya kurang terbiasa dengan browser lainnya
terima kasih atas tips dan sarannya, sangat bermanfaat..

May 7, 2013 at 12:31 PM

terimakasih atas tipsnya
sangat bermanfaat untuk saya yang masih menggunakan paket yang terbatas

May 13, 2013 at 9:20 AM

@tips bisnis online ya sama-sama,,, ne ada paket internet unlimited gan... murah lagi..

Post a Comment