Cara Cek Backlink Blog / Website

Alhamdulilah bisa posting lagi, yaitu posting yang ke dua di bulan Januari 2012, dengan judul Cara cek Backlink Blog / Website. apa anda sudah tahu apa itu backlink?


Backlink adalah link/alamat website/blog anda yang terletak pada website/blog lain. Backlink ini sangat berguna buat menaikkan ranking anda di search engine seperti google misalnya. Ranking ini maksudnya adalah supaya kalo ada orang mencari suatu keyword yang berhubungan dengan isi website anda, website anda akan tampil lebih dahulu daripada website lain yang memiliki ranking di bawah anda, artinya bakal banyak pengunjung yang melihat website kita di search engine terus datang ke website anda.

istilah back tidak asing lagi bagi para blogger atau web master. Selain rajin update postingan pada blog, berburu backlink juga merupakan pekerjaan yang paling sering digeluti bagi para blogger yang sangat memperhatikan blognya. Apalagi kalau sedang mengikuti kontes seo, pasti menjadi prioritas yang sangat diutamakan.

Jumlah backlink yang banyak dapat meningkatkan reputasi blog kita pada search engine untuk mengoptimalkan teknik SEO. Tapi tidak semuanya, hanya yang berstatus dofollow saja. Seberapa banyak backlink yang mengarah ke blog atau website kita?

Berikut ini adalah cara mengetahui jumlah backlink.
Menggunakan Search Engine Google.com
Anda bisa cek jumlah backlink menggunakan google search engine dengan cara masukkan format berikut pada kolom pencarian google  link:namadomain, contoh: link:wongpakong.blogspot.com yang sampai saat ini blog ini tidak mempunyai backlink. mungkin blog ini masih katagori baru.

Menggunakan Bing.com
Selain google, Anda juga bisa menggunaka bing.com, caranya memasukka pada kolom pencarian Bingi.com link:namadomain, contoh: link:wongpakong.blogspot.com yang sampek saat ini blog ini tidak mempunyai backlink. mungkin blog ini masih katagori baru.

Menggunakan Backlinkwatch.com

Backlinkwatch sangat populer sekali digunakan oleh para blogger untuk mengecek backlink, caranya pun sangat mudah dan hasil yang ditampilkan sangat efektif dan terperinci sekali. Buka backlinkwatch.com lalu masukkan url klik cek backlink.

sudah dulu posting kali ini, bagi yang memiliki pengetahuan lebih atau pengalaman, silakan berbagi melalui komentar di bawah.

6 comments

January 4, 2012 at 7:19 PM

punyaku sedikit

January 4, 2012 at 9:11 PM

saya pakai mozilla di tambah add-ons webrank tools mudah cek google dan bing backlink

January 5, 2012 at 8:22 PM

Citro : tank's informasinya... bagus juga..

makasih infonya masbro, tuk cari backlink yg bener2 nancep gmn ya?

January 1, 2013 at 10:57 AM

Blognya Bagus Bgt

January 2, 2013 at 6:04 AM

@faiq ashshidiqTerima Kasih Gan...

Post a Comment